.: WeLCoMe GueST :.

Saturday, April 4, 2009

Sudahkah Anda Membaca Basmallah?

Sedikit mengenai Basmallah, atau lengkapnya berbunyi:
Artinya "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang"

Ayat ini digunakan sebagai pembuka surat dalam Al quran yang berjumlah 114 surat, kecuali surat At Taubah. Mungkin anda penasaran kenapa??
karena dalam surat At Taubah mengandung pernyataan perang dengan arti bahwa segenap kaum muslimin dikerahkan untuk memerangi seluruh kaum musyrikin, sedangkan basmallah bernafaskan perdamaian dan cinta kasih Allah.

Basmallah juga diucapkan setiap kali seorang Muslim melakukan shalat, memulai setiap kegiatannya, dan biasanya digunakan sebagai pembuka kalimat (Mukadimah) dalam konstitusi atau piagam di negara-negara Islam. Kalimat Basmallah juga pernah ditulis pada zaman Nabi Sulaiman untuk ratu Bilqis sesuai dengan informasi dalam Al Qur'an yaitu di surat 27 ayat 30.

Dalam sebuah hadits Nabi juga disebutkan, bahwa amal perbuatan yang tidak dimulai dengan ucapan basmallah, maka amal perbuatan tersebut tidak akan diterima atau tidak akan memberi manfaat.

Menurut saya pribadi, kalau tidak membaca basmallah berarti apa yang kita kerjakan tidak diniatkan atas nama Allah. Karena dengan membaca basmallah dan sesuai dengan makna yang terkandung di dalamnya yaitu dengan menyebut nama Allah SWT kita mengharapkan ridho-Nya. Agar apa yang kita kerjakan mendapat barokah dan bukan atas nama yang lainnya. Apalagi atas nama nafsu, cinta atau bahkan berhala.
Jadi mulai dari sekarang, alangkah baiknya jika setiap kegiatan kita diawali dengan membaca basmallah. Entah sebelum memulai sholat atau sebelum bekerja. Yang pasti jangan ketika berbuat maksiat. Jika tidak, niscaya anda akan kualat.

Sekian dari saya wassalamu'alaikum..



*) http://id.wikipedia.org/
    http://www.uin-malang.ac.id/


1 comment: